Secara kebetulan saya menemukan situs tentang tujuan sekolah-sekolah di Jepang. Ternyata sangat rinci dijelaskan tentang tujuan setiap jenjang pendidikan.
Tujuan TK tercantum dalam artikel no 77 UU Pendidikan Jepang (diterjemahkan dengan bahasa segampangnya (~_~) )
TK atau youchien (幼稚園)bertujuan untuk mengasuh (保育) anak-anak usia dini, memberikan lingkungan yang layak bagi perkembangan jiwa anak.
Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam artikel no 78 dijelaskan tata caranya :
1. Merancang pendidikan yang mengembangkan fungsi tubuh dan jiwa secara harmoni melalui pembiasaan pola hidup yang sehat, aman dan menyenangkan.
2. Menumbuhkan semangat kemandirian, kehidupan berkelompok yang penuh kegembiraan dan kerjasama.
3. Mengenalkan kehidupan sosial dan membina kemampuan bersosialisasi
4. Mengarahkan penggunaan bahasa dengan benar serta menumbuhkan minat berkomunikasi dengan sesamanya.
5. Mengarahkan minat untuk berkreasi melalui pembelajaran musik, permainan, menggambar dan lain-lain.
TK mengintrepretasikan tujuan tersebut dalam silabus pembelajaran yang saya pikir hampir sama di setiap sekolah. Berikut saya jelaskan apa yang dipelajari anak-anak TK di Sono Youchien, Iwakura, Aichi Prefecturte. Kepala Sekolah, Ibu Ando memberikan saya (setelah merengek) copy- jam belajar sehari.
Nama Kelas
|
Momiji 2
|
Umur : ….th
|
TTD
Kepsek
|
TTD
Guru
|
|||||
Senin, 12-6-2006
|
Cuaca
|
Nama Guru
|
|||||||
Pesan Mingguan
|
Udara cerah, bermain di luar. Jika hujan, kegiatan dilakukan di dalam kelas, Latihan gerak dengan musik yang menyenangkan, Menumbuhkan minat kepada tsuyu (梅雨)( = musim hujan, di bulan Juni, sebagian wilayah Jepang hujan-red)
|
||||||||
Pesan Harian
|
Guru memberi contoh yang baik, anak yang enggan bermain harus disemangati
|
||||||||
Tujuan exercise hari ini
|
|||||||||
Jam
|
Kegiatan
|
Lingkungan dan Kondisi Murid
|
Pesan/Tindakan Guru
|
||||||
8.50
|
masuk kelas
|
Taruh barang di loker, kemudian duduk di bangku
|
Ucapkan [Selamat Pagi] dg wajah gembira. Periksa keadaan murid satu per satu sambil menanyakan kabar masing-masing anak
|
||||||
9.05
|
Pengenalan exercise hari ini
Absen
|
Ucapan salam di pagi hari, lagu dan absensi.
Kartu absen diisi
|
Sambil mengabsen, menanyakan perubahan kondisi anak
|
||||||
9.15
|
Break ke toilet
|
Latihan cara buang air sendiri, cebok, dan mencuci tangan dengan sabun
|
Memeriksa apakah tatacaranya sudah benar, membenarkan yang salah
|
||||||
9.20
|
Menyanyi
|
Ada anak yang menyanyi dengan semangat, ada juga yang loyo
|
Sambil
memperhatikan keadaan anak satu per satu, mainkan piano sesuai dengan
kemampuan anak, juga ajarkan anak untuk menyesuaikan dengan suara
temannya (intinya bikin paduan suara yang bagus-red)
|
||||||
9.45
|
Senam pagi
|
senam di halaman sekolah
|
|||||||
10.00
|
Masuk kelas
Copot kaus kaki
|
Kaus kaki dicopot, disatukan dan masukkan dalam loker
|
Perhatikan
apakah siswa mencopot kaus kaki dengan benar dan
melipatnya/menggulungnya dengan benar. Berikan bantuan jika anak belum
bisa melakukannya dengan baik
|
||||||
10.20
|
Ritmik
|
Ada anak yang semangat ada yang lemes
|
Dengarkan
ucapan Fujikawa sensei (guru ritmik yg memainkan piano-didatangkan
khusus-red), dengarkan dengan baik nada yang muncul dan bimbing anak
untuk mengikutinya
|
||||||
10.45
|
Bermain
|
Pakai topi merah, bermain di luar kelas/di kebun/halaman sekolah
|
Ikuti dan amati anak-anak yang bermain kalau bisa arahkan, bantu mereka dalam bermain
|
||||||
11.45
|
Alat bermain dirapikan, masuk kelas, bersiap makan
|
cuci
tangan dan ugai (memasukkan air ke tenggorokan tapi tidak ditelan,
untuk mencegah batuk/pilek-red) sebelum masuk kelas, yang mau ke
toilet dipersilahkan. Masuk ke kelas dan mengeluarkan bento (bekal)
masing2
|
Periksa perlengkapan makan anak
|
||||||
12.00
|
Makan siang
|
Cara duduk untuk makan yang benar
apakah perlengkapan makan anak lengkap, jika ada yang lupa bawa sendok atau sumpit, siapkan
|
Perhatikan cara makan, ajari cara menggunakan sumpit, sendok atau garpu. Usahakan acara makan pun menyenangkan
|
||||||
12.40
|
Gosok gigi
|
Gosok gigi di luar kelas, di seputar kran air (letaknya di lantai 1 dengan bentuk melingkar-red)
|
Perhatikan dan ajari cara menggosok gigi yang benar
|
||||||
13.00
|
Game
|
Bermain permainan tradisional atau modern. Ada anak yang berminat ada yang tidak
|
Perhatikan kemampuan anak dalam bekerjasama, tumbuhkan rasa percaya diri anak yang malu-malu
|
||||||
13.30
|
Bermain di luar
|
||||||||
14.00
|
Berkumpul, bersiap untuk pulang
|
Cuci tangan, ugai ,pipis
bersiap untuk pulang
|
Ucapkan [Besok pun harus bersemangat ke sekolah] dengan gembira dan bersemangat
|
||||||
14.25
|
Menyanyi lagu salam perpisahan
|
Menyanyi dengan gembira, tenang dalam berbaris.
Baris per kelas di depan sekolah
|
Antarkan kepulangan mereka dengan senyum, gembira dan ucapan-ucapan yang menyemangati
|
||||||
15.00
|
Pulang
|
||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar